Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash Dari Berbagai Segi

Oktober 25, 2018

1. Segi Awal Terbentuknya

Perbedaan Bitcoin Cash dan Bitcoin dari segi awal terbentuknya, Bitcoin lahir dari para ahli dalam cryptocurrency atas nama Satoshi Nakamoto. Selama ini belum jelas siapa sebetulnya Satoshi tersebut. Gara-gara saking misteriusnya, Bitcoin hingga saat ini belum diklaim negara mana pun. Satoshi Nakamoto menetapkan jumlah Bitcoin di dunia hanya 21 juta. Tujuannya untuk mengurangi inflasi dunia. Dengan banyaknya orang yang investasi uang ke Bitcoin, maka harganya pun melonjak. Sekarang bahkan 1 Bitcoin sudah mencapai 9 ribuan Dolar Amerika. Sedangkan Bitcoin Cash merupakan kepingan yang tidak bisa divalidasi. Tujuan diterbitkannya Bitcoin Cash agar transaksi uang virtual tetap berjalan meskipun ada yang tidak bisa divalidasi.

Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash Dari Berbagai Segi

2. Segi Ukuran Blok


Istilah ukuran blok ini sudah tidak asing lagi untuk para penambang Bitcoin, sebagai pendahulunya. Sedangkan blok itu sendiri merupakan remah-remah hasil trading di bursa pasar Bitcoin maupun Bitcoin Cash. Semakin besar ukuran bloknya, semakin besar pula nilai Bitcoin maupun Bitcoin Cash yang didapatkan. Ukuran blok pada Bitcoin cenderung lebih kecil. Soalnya jumlah yang ada sangat terbatas. Berbeda dengan Bitcoin Cash yang baru saja diterbitkan. Kalau Bitcoin yang ditambang hanya mampu menampung 1 MB, ukuran Bitcoin Cash lebih besar, yakni 8 MB. Penambang Bitcoin Cash pertama kali dilakukan dan ditemukan oleh warga Beijing.

3. Segi Keamanan


Perbedaan Bitcoin Cash dan Bitcoin dari segi keamanan, Keduanya memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hanya saja dengan adanya faktor hard fork atau blok yang tidak bisa divalidasi di Bitcoin, tentunya lebih aman Bitcoin Cash. Bukti tersebut menunjukkan bahwa Bitcoin tetap memiliki celah. Selain itu juga menandakan kalau blok Bitcoin tidak stabil. Berbeda dengan Bitcoin Cash yang tidak perlu mengkhawatirkan soal hard fork maupun gangguan apa pun. Itulah kiranya yang menyebabkan harga BCH (satuan Bitcoin Cash) melambung tinggi. Biasanya, ketika Bitcoin tengah mengalami hard fork, transaksinya akan dihentikan sementara waktu. Nah, di sinilah Bitcoin Cash hadir untuk mendukungnya.

4. Segi Nilai Kedua Mata Uang


Secara mengejutkan, harga Bitcoin Cash di pasaran melonjak drastis. Bahkan sekarang sudah masuk dalam 5 besar mata uang virtual terpopuler di dunia, meskipun belum lama diluncurkan. Peningkatan permintaan ini tidak terlepas dari bagusnya tingkat keamanan dan efisiensinya. Saat ini, nilai kapitalisasi Bitcoin Cash mencapai sekitar 3,5 miliar. Meskipun begitu, nilai Bitcoin tetap lebih tinggi. Nilai kapitalisasinya sekarang berada di angka sekitar 100 miliar. Maklum, Bitcoin datang lebih dulu daripada Bitcoin Cash. Dengan tersedianya situs pembuat wallet, tentu Bitcoin memiliki keunggulan tersendiri. Banyak pula perusahaan yang sudah diregulasi membuka platform untuk trading Bitcoin.

Pertanyaannya, “Manakah yang lebih baik? Bitcoin atau Bitcoin Cash?” Berdasarkan perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash di atas, jawabannya “tidak ada”. Tanpa Bitcoin, maka Bitcoin Cash tidak akan pernah ada. Ketika Bitcoin tengah bermasalah, maka Bitcoin Cash menutupi kelemahannya. Dua mata uang virtual ini saling mendukung satu sama lain.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
First

Tidak ada komentar